Senin, 01 Juli 2013

Kontribusi Blog dalam Kerja Public Relations

PERAN BLOG DALAM KERJA PUBLIC RELATIONS
By       : S Dina Rosdinawati


Media merupakan sarana penghubung antara komunikator dengan komunikan untuk menyampaikan pesan atau informasi  dari komunikator kepada komunikan. Media yang dimaksud merupakan media cetak maupun media elektronik. Namun, pada zaman yang global ini, penggunaan media elektronik lebih banyak digunakan bahkan dilirik publik dalam mencari sumber informasi ketimbang media cetak. Media elektronik yang dimaksud salah satunya media online yang dalam istilah PR disebut dengan Public Relations Online.
Media online yang biasa digunakan seorang PR dalam sebuah instansi atau perusahaan yakni Blog. Blog merupakan media online dimana isinya mencakup hal mengenai instansi atau perusahaan tersebut. Melalui Blog, seorang PR bisa memberikan informasi mengenai instansi atau perusahaan yang dikelolanya dan publik dalam mencari informasi mengenai perusahaan atau instansi tersebut bisa masuk dalam Blog resmi milik instansi atau perusahaan tersebut. Selain itu, dengan penggunaan Blog dapat memudahkan komunikasi satu arah atau tidak langsung antara PR instansi atau perusahaan dengan publiknya.
Misalnya, instansi X merupakan salah satu instansi pelayanan kesehatan atau Rumah sakit yang ada di Indonesia. Tugas PR Rumah Sakit X tersebut dalam menjalankan fungsi PR yang salah satunya yakni memberikan informasi kepada Publiknya, dalam penyampaian informais tersebut bisa melalui akun Blog Resmi milik Rumah Sakit X tersebut. Didalam Blog Resmi tersebut berisikan Profil Rumah Sakit X yang mencakup Visi Missi dan Sejarah Rumah Sakit X selain itu berisikan tentang daftar Dokter yang bekerja didalam Rumah Sakit X tersebut beserta keahliannya dan jadwal operasional kerjanya, dll.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa, dalam kegiatan komunikasi , seorang Komunikator dan khususnya Public Relations dapat memanfaatkan media baik media cetak maupun elektronik untuk membantudalam menjalankan komunikasi tersebut dalam menyampaikan pesan atau informasi perusahaan / instansi / organisasi yang dikelolanya.  Salah satunya penggunaan Blog dapat dimanfaatkan seorang Public Relations dalam memberikan informasi mengenai instansi atau perusahaan yang dikelolanya kepada publiknya ( internal maupun eksternal ). [ Dina ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar