PERAN BLOG DALAM KERJA PUBLIC
RELATIONS
By :
S Dina Rosdinawati
Media
merupakan sarana penghubung antara komunikator dengan komunikan untuk
menyampaikan pesan atau informasi dari
komunikator kepada komunikan. Media yang dimaksud merupakan media cetak maupun
media elektronik. Namun, pada zaman yang global ini, penggunaan media
elektronik lebih banyak digunakan bahkan dilirik publik dalam mencari sumber
informasi ketimbang media cetak. Media elektronik yang dimaksud salah satunya media
online yang dalam istilah PR disebut dengan Public Relations Online.
Media
online yang biasa digunakan seorang PR dalam sebuah instansi atau perusahaan
yakni Blog. Blog merupakan media online dimana isinya mencakup hal mengenai
instansi atau perusahaan tersebut. Melalui Blog, seorang PR bisa memberikan
informasi mengenai instansi atau perusahaan yang dikelolanya dan publik dalam
mencari informasi mengenai perusahaan atau instansi tersebut bisa masuk dalam
Blog resmi milik instansi atau perusahaan tersebut. Selain itu, dengan
penggunaan Blog dapat memudahkan komunikasi satu arah atau tidak langsung
antara PR instansi atau perusahaan dengan publiknya.
Misalnya,
instansi X merupakan salah satu instansi pelayanan kesehatan atau Rumah sakit
yang ada di Indonesia. Tugas PR Rumah Sakit X tersebut dalam menjalankan fungsi
PR yang salah satunya yakni memberikan informasi kepada Publiknya, dalam
penyampaian informais tersebut bisa melalui akun Blog Resmi milik Rumah Sakit X
tersebut. Didalam Blog Resmi tersebut berisikan Profil Rumah Sakit X yang
mencakup Visi Missi dan Sejarah Rumah Sakit X selain itu berisikan tentang
daftar Dokter yang bekerja didalam Rumah Sakit X tersebut beserta keahliannya
dan jadwal operasional kerjanya, dll.
Maka dari itu
dapat disimpulkan bahwa, dalam kegiatan komunikasi , seorang Komunikator dan
khususnya Public Relations dapat memanfaatkan media baik media cetak maupun
elektronik untuk membantudalam menjalankan komunikasi tersebut dalam
menyampaikan pesan atau informasi perusahaan / instansi / organisasi yang
dikelolanya. Salah satunya penggunaan
Blog dapat dimanfaatkan seorang Public Relations dalam memberikan informasi
mengenai instansi atau perusahaan yang dikelolanya kepada publiknya ( internal
maupun eksternal ). [ Dina ]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar